Perubahan Arus Lalu Lintas di Kampus B

image
By usi_pasca On Wednesday, February 08 th, 2017 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Terhitung sejak Jumat (27/1) lalu, ada perubahan arus lalu lintas di area kampus B Universitas Airlangga. Ada area yang memang steril dari kendaraan bermotor, dan ada pula area yang dulunya adalah jalan satu arah sedangkan kini dibuat dua arah.

Direktur Sarana Prasarana dan Lingkungan, Karnaji, M.Sos., mengatakan, perubahan arus lalu lintas dilakukan untuk mempermudah aksesibilitas sivitas akademika yang beraktivitas di kampus B. Sebab, rute arus lalu lintas selama ini cenderung memutar dan memakan jarak.

Meski demikian, Karnaji menuturkan bahwa arus lalu lintas berubah tak secara signifikan. Dulunya, pintu masuk sepeda motor hanya dibuka dari pintu masuk (depan Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Kini, ada tiga pintu masuk sepeda motor, yakni melalui pintu sebelah timur (dekat Menara Syariah), pintu masuk utama (depan FEB), dan pintu sebelah barat (Jalan Dharmawangsa).

“Sekarang di Syariah Tower kita jadikan pintu masuk untuk akses ke FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Fakultas Psikologi, FIB (Fakultas Ilmu Budaya) dan Perpustakaan. Jadi, tidak ada perubahan berarti, malah nggak pakai muter seperti dulu. Kalau dulu mau ke FISIP, nggak muter lagi dari FEB dan FH. Kita tambahi separator di area pintu masuk dekat Syariah Tower,” tutur Karnaji.

Penambahan akses pintu masuk motor di wilayah Menara Syariah disebabkan adanya lahan parkir yang dikonsentrasikan di wilayah timur dan selatan. Di wilayah timur dan selatan, lahan parkir motor ditempatkan di lapangan FISIP, di seberang sungai, FIB, Psikologi, dan Vokasi.
Denah arus lalu lintas di area kampus B Universitas Airlangga
Denah arus lalu lintas di area kampus B Universitas Airlangga. (Foto: Istimewa)

Sedangkan, akses pintu masuk mobil yang menuju FISIP, dan FF, melalui pintu masuk depan FEB ke arah sebelah timur. Lahan parkir dikonsentrasikan di sebelah timur FF dan sesuai fakultas masing-masing. Untuk akses pintu masuk mobil yang menuju FEB, Vokasi, Psikologi, Fakultas Hukum, dan FIB, melalui pintu masuk depan FEB ke arah barat atau bisa meneruskan ke arah selatan FH dan menuju lokasi parkir sesuai fakultas.

“Parkirnya kan sudah di timur FISIP. Farmasi nggak ada parkir lagi, Pusat Bahasa nggak ada parkir lagi kecuali pegawai, mahasiswanya harus pindah ke timur FISIP semua. Vokasi juga. Makanya kita buka akses ke sana,” terang Direktur SPL.

Sampai saat ini, untuk mensosialisasikan perubahan arus lalu lintas, pihak SPL sudah berkoordinasi dengan seluruh unit kerja di kampus B. Selain itu, baliho juga sudah dipasang di tempat-tempat yang mudah ditemui. (*)

Penulis: Defrina Sukma S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *