Redesain Kurikulum S2 Imunologi Universitas Airlangga Tahun 2017

image
By usi_pasca On Thursday, April 06 th, 2017 · no Comments · In

Redesain (merancang ulang) kurikulum Magister Imunologi Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga dilaksanakan pada hari Kamis (30/3/2017) di Aula Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga dihadiri oleh Wakil Direktur I Bidang pendidikan Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., drh., Tim SPM Sekolah Pascasarjana, Koordinator Program Studi Magister Imunologi, Dosen Pengajar, Mahasiswa Progam Studi Magister Imunologi dan Alumni.

Dalam sambutannya Koordinator Program Studi Imunologi Dr. Agung Dwi Wahyu Widodo manyampaikan bahwa Jurusan ini hanya satu-satunya di Indonesia sehingga persaingannya Internasional oleh karena itu dibutuhkan krurikulum yang dapat menunjang mahasiswa go Internasional. “Kurikulum ini harus lebih spesifik lagi, dan perlu adanya matrikulasi agar mahasiswa dapat menyatukan persepsi tentang imunologi karena latar belakang pendidikan mahasiswa yang berbeda-beda”

Ada beberapa mata kuliah yang akan di hilangkan dan gantikankan  agar dapat spesifik keilmuannya dalam bidang Imunologi. Untuk ujian proposal sudah dapat dilaksanakan pada semester 2 agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu namun tetap memprioritaskan perkuliahan dan keilmuan yang sedang dipelajari. Dr. Djoko Agus Purwanto, Apt., M.Si. dari (LP3 UNAIR) menambahkan bahwa “ilmu itu dinamis jadi harus menyesuaikan dengan perkembangan ilmu yang sedang berkembang daat ini. Cara belajar mahasiswa juga harus kita sesuaikan dengan tekhnologi yang ada misalnya smarthphone, sehingga mahasiswa dapat menggunakannya sebagai media belajar dan berbagi ilmu dengan rekan sejawatnya”.

Prof. Dr. Yoes Prijatna Dachlan, dr., M.Sc, Sp.Park. juga menambahkan “perkembangan ilmu di bidang Imunologi yang begitu pesat harus diimbangi dengan pengetahuan yang  mendalam agar tidak ketinggalan, dan ilmu yang dipelajari harus mampu menggambarkannya dalam fikiran kita” dalam pembahasan redesain kurikulum juga akan ditentukan peminatan jurusan dalam bidang imunologi dari 6 bidang yang disediakan.

 

dsc_0860 dsc_0855 dsc_0846

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *